Jumat, 20 Juli 2012

 TUGAS TIK
 SOAL

1. sebutkan macam-macam tab microsoft word 2007
2. sebutkan dan jelaskan manfaat dari tab reference
3. jelaskan kegunaan dari tab mailings yang terdapat dari microsoft word 2007
4. apa yang anda ketahui tentang tab home
5. jelaskan kelebihan-kelebihan microsoft word :
   A.2010
   B.2007
   C.2003

JAWAB

1.) Tab Home
    Tab Insert
    Tab Page Layout
    Tab References
    Tab Mailings
    Tab Review
    Tab View
    Tab Add-Ins

2.) Tab Reference

Tab ini digunakan untuk memasukkan berbagai perintah seperti menuliskan footnote (catatan kaki), menyisipkan gambar, dan membuat tanda citasi.
References untuk memasukkan catatan kaki dan menyisipkan gambar pada Microsoft Word 2007

a. Group Table of contents
1) Table of Contents, untuk membuat daftar isi
2) Add Text, untuk menambahkan text pada daftar isi
3) Update Table, untuk memperbaruhi daftar isi

b. Group Footnotes
1) Insert Footnotes, untuk menyisipkan catatan kaki
2) Insert Endnote, untuk menyisipkan catatan akhir
3) Next Footnote, untuk pindahke catatan kaki berikutnya
4) Show Note, untuk memunculkan catatan

c. Group Citations & Bibliography
1) Insert Citation, untuk menyisipkankutipan
2) Manage Sources, untuk mengatur sumber kutipan
3) Style, untuk mengatur format kutipan
4) Bibliography, untuk membuat referensi silang

d. Group Captions
1) Insert Captions, untuk menyisipkan judul gambar
2) Insert Table of Figure, untuk membuat daftar gambar.
3) Update Table of Figure, Untuk memperbaharui daftar gambar
4) Cross-reference, Untuk membuat refersing silang.

e. Grup Index ,
1) Mark Entry, untuk menandai teks
2) Insert index, untuk membuat daftar index
3) Update Index, untuk memperbaharui daftar index.

f. Grup Table of authorities
1) Mark Citation, untuk menandai kutipan
2) Insert Table of Authorities, untuk membuat daftar kutipan
3) Update Table of Authorities, untuk memperbaharui daftar kutipan

3.) Tab Mailings
Tab ini berguna untuk membuat mail merger (surat massal), mengetik teks pada amplop, dan membuat label.
Tab Mailings digunakan untuk membuat surat massal pada Microsoft Word 2007

4.) Tab Home
Tab home adalah tab yang berisikan kumpulan menu-menu standar.
Tab Home berisikan toolbar standar dari Microsoft Word 2007

Telah disebutkan di atas bahwa berbeda dengan Microsoft Word XP atau versi sebelumnya di mana perintah-perintah dilakukan melalui pull down menu (menu tarik ke bawah), maka pada Microsoft Word 2007 perintah-perintah didominasi dalam bentuk tab, dimana pada tab-tab tersebut berisikan sekumpulan tombol perintah. Kumpulan tombol-tombol perintah tersebut hanya muncul pada saat tab diaktifkan. Cara menampilkan tab adalah cukup dengan klik kiri pada judul masing-masing tab itu sendiri, dan dalam hal ini Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View adalah judul tab yang dimaksud. Selanjutnya, secara berturutan ditampilkan gambar-gambar kumpulan tombol-tombol pada tab-tab sebagai bagian dari submenu tab Home sebagai berikut.
1) Submenu Clipboard
Submenu Clipboard digunakan untuk menampung sementara file-file hasil copy, hasil pemotongan, serta format painter. Selain itu, submenu ini digunakan untuk menampilkan kembali hasil proses copy atau pemotongan yang telah dilakukan.
2) Submenu Font
Submenu Font berisi ikon-ikon untuk fungsi pengaturan model/jenis huruf, ukuran huruf, menebalkan huruf, mencetak huruf miring, membuat huruf turun, naik setengah karakter, menghapus huruf, memberi warna huruf, memberi background huruf, dan membuat huruf menjadi besar atau kecil satu karakter.
3) Submenu Paragraph
Kegunaan submenu Paragraph adalah untuk pengaturan dan pemberian bullet and numbering, pengaturan outline number, melakukan decrease dan increase indentasi paragraf, perataan teks atau Allignment (yang terdiri dari align left, right, dan justify), pengaturan jarak baris (spasi), pemberian color (fill color), pemberian bingkai (border), dan pengurutan data (sort).
4) Submenu Style
Submenu Style digunakan untuk mengatur penampilan teks (di antaranya dengan pilihan normal, tidak berspasi, serta heading).
5) Submenu Editing
Submenu Editing digunakan untuk proses pengeditan teks.

5.) A. KELEBIHAN MICROSOFT WORD 2010

10 KELEBIHAN MS. OFFICE 2010
1. Temukan peningkatan pengalaman pencarian dan navigasi.
Menemukan informasi yang Anda perlukan lebih cepat dan lebih mudah dalam Word 2010. Dengan yang baru dan lebih baik Cari pengalaman, Anda juga dapat melihat ringkasan dari hasil pencarian dalam satu pane, dan klik untuk mengakses hasil setiap individu. Navigasi peningkatan Pane menyediakan visual garis besar dokumen Anda sehingga Anda dapat menelusuri, menyortir, dan menemukan apa yang Anda butuhkan secara cepat.
2. Bekerja dengan orang lain tanpa harus menunggu giliran Anda.
Word 2010 telah mengubah cara orang dapat bekerja sama dalam sebuah dokumen. Dengan co-authoring, Anda dapat mengedit dokumen dan berbagi ide dengan orang lain pada saat yang sama Anda juga dapat time.1 melihat ketersediaan orang lain yang authoring dokumen dengan Anda dan dapat dengan mudah memulai sebuah percakapan tanpa meninggalkan Word.2
3. Mengakses dan berbagi dokumen Anda dari hampir mana saja.
Posting dokumen Anda secara online dan kemudian mengakses, melihat, dan mengedit mereka dari hampir semua komputer atau phone.3 Windows Anda Dengan Word 2010, Anda dapat mengambil keuntungan dari yang terbaik di kelas dokumen pengalaman di beberapa lokasi dan perangkat.
Microsoft Word Web App. Mengedit dokumen dalam browser Web ketika Anda berada jauh dari kantor, rumah, atau sekolah tanpa mengorbankan kualitas tampilan experience.1
Microsoft Word Mobile tahun 2010. Tinggal saat ini dan segera mengambil tindakan dengan menggunakan versi mobile yang disempurnakan Word yang secara khusus cocok untuk Anda smartphone.3
4. Tambahkan visual efek ke teks.
Dengan Word 2010, Anda dapat menerapkan efek format seperti bayangan, bevel, cahaya, dan refleksi untuk teks dokumen Anda semudah menerapkan tebal atau menggarisbawahi. Anda dapat memeriksa ejaan teks yang menggunakan efek visual, dan menambahkan efek ke teks ayat gaya. Banyak efek yang sama yang digunakan untuk gambar yang sekarang tersedia untuk teks dan bentuk, tanpa hambatan yang memungkinkan Anda untuk mengkoordinasikan semua konten Anda.
5. Mengubah teks ke dalam diagram yang menarik.
Word 2010 menawarkan lebih banyak pilihan untuk menambahkan dampak visual ke dokumen Anda. Pilih dari belasan SmartArt tambahan ® Graphics untuk membangun diagram mengesankan hanya dengan mengetik sebuah daftar bullet. Gunakan SmartArt untuk mengubah dasar, poin-poin menarik teks ke dalam visualisasi yang lebih baik mengilustrasikan ide-ide Anda.
          6. Tambahkan dampak visual ke dokumen Anda.
Baru mengedit gambar-alat dalam Word 2010 memungkinkan Anda untuk menambahkan efek gambar khusus tanpa tambahan perangkat lunak pengedit foto. Anda dapat dengan mudah menyesuaikan gambar dengan saturasi warna dan suhu kontrol. Anda juga mendapatkan perbaikan alat-alat untuk lebih mudah dan lebih tepat cropping dan koreksi citra, untuk membantu Anda mengubah dokumen sederhana menjadi sebuah karya seni.
7. Recover pekerjaan yang Anda pikir itu hilang.
Setelah bekerja pada dokumen untuk sementara, apakah Anda sengaja menutupnya tanpa menyimpan? Ada masalah. Word 2010 memungkinkan Anda memulihkan draf versi baru diedit file semudah membuka file apa saja, bahkan jika Anda tidak pernah menyimpan dokumen.
8. Mengatasi hambatan komunikasi.
Word 2010 membantu Anda bekerja dan berkomunikasi secara efektif di languages.4 berbeda Terjemahkan kata, frase, atau dokumen lebih mudah daripada sebelumnya. Menetapkan pengaturan bahasa terpisah untuk ScreenTips, Petunjuk konten, dan menampilkan. Dan, mendapatkan bantuan tambahan untuk bahasa Inggris sebagai bahasa kedua dengan teks Inggris-to-speech pemutaran.
9. Masukkan screenshot dan tulisan tangan ke dalam dokumen Anda.
Penangkapan dan memasukkan screenshot langsung dari Word 2010 sampai dengan cepat dan mudah memasukkan ilustrasi visual ke dalam pekerjaan Anda. Bila Anda menggunakan tablet-perangkat aktif seperti Wacom Tablet PC atau tablet, Anda mendapatkan perbaikan alat-alat untuk memformat tinta semudah Anda memformat bentuk.
10. Mencapai lebih banyak dengan pengalaman pengguna yang disempurnakan.
Word 2010 menyederhanakan bagaimana Anda mengakses fitur. Microsoft Office yang baru Backstage ™ menggantikan tampilan menu File tradisional untuk membiarkan Anda menyimpan, berbagi, mencetak, dan mempublikasikan dokumen Anda hanya dengan beberapa klik. Dengan peningkatan Ribbon, Anda dapat mengakses perintah favorit Anda bahkan lebih cepat dengan customizing tab atau membuat Anda sendiri untuk mempersonalisasi pengalaman gaya kerja Anda.

B. KELEBIHAN MICROSOFT WORD 2007

Microsoft Office 2007 merupakan pengembangan dari Microsoft Office 2003 yang sudah teruji kemampuan dan kehandalannya sebagai aplikasi perkantoran yang tidak ada duanya.
Penampilan Office 2007 sungguh diluar dugaan, pada versi terbarunya ini Microsoft merobak total dan tidak sedikitpun menyisakan penampilan Office yang ada pada versi sebelumnya. Semua tampilannya hampir tidak mencerminkan Microsoft Office yang penuh dengan menu dan sub menu yang merepotkan.

Perintah-perintah yang ada pada Microsoft Office Xp maupun di Ms. Office 2003 masih bisa digunakan, namun kali ini Microsoft merobak total dan kalau kita ingat hampir sama ketika Microsoft merobak Windows 3.1 dan Windows 3.11 ke Windows 95 dan Windows NT.
Microsoft Office 2007 hadir dengan fasilitas yang disebut dengan Ribbon. Ribbon ini dimaksudkan untuk memudahkan pengguna menggunakan semua features yang ada di Office 2007 dengan one klik hingga waktu pengerjaan bisa dihemat dengan sangat berarti.

Perubahan yang cukup signifikan dari Microsoft Office 2007 ini antara lain User Interface. Coba perhatikan perubahan ini terlihat pada Word, Excel, dan Powerpoint. Pada aplikasi ini nyaris tidak terlihat menu-menu seperti versi sebelumnya. Disini semua menu diganti dengan penampilan ikon yang inovatif dan informatif. Dengan sedikit menu dan nyaris tidak terlihat sub menu ini akan memudahkan bagi pemakai. Beberapa Interface yang ada di Office 2007 yang dirombak secara total antara lain tombol-tombol menu, sehingga menu yang terdapat pada Office 2007 lebih transparan dan teratur sehingga mudah penggunaannya.

Menu dropdown yang ada pada versi sebelumnya kini hampir tidak ada, pada menu home misalnya, terdapat pilihan Clipboard, Font, Paragraph, Styles, dan Editing. Sedangkan untuk pilihan-pilihan yang tersedia berbentuk horizontal dan menggabungkan teks dan icon sehingga sangat mudah dan tidak perlu masuk dari menu ke sub menu.

Pada versi lama Menu File merupakan menu awal yang sangat berguna untuk melakukan setting awal, seperti untuk menentukan ukuran kertas, menyimpan file, mencetak file dan sebagainya. Pada Office 2007 menu tersebut berubah total. Menu File pada versi sebelumnya kini hadir dengan sebuah ikon lingkaran dengan logo Office yang terletak di pojok kiri atas. Ketika pemakai mengklik ikon tersebut maka akan tampak pilihan-pilihan New, Open, Convert, Save, Save As, dan lain-lain.

Perubahan menu ini berlaku untuk semua keluarga Microsoft Office 2007. Jadi kalau Anda sudah membuka Microsoft Word 2007, maka ketika masuk ke aplikasi lainnya menu yang ditampilkan relatif hampir sama. Dengan demikian pemakai tidak akan kerepotan karena semua pilihan sudah bisa digunakan tanpa harus tersesat.

SmartArt

Pada Office 2007 terdapat sebuah tools yang cukup menarik bernama SmartArt. Tools ini terletak di menu insert dan grup pilihan Illustration. Kenapa diberi nama SmartArt, karena tools bisa digunakan untuk memperindah pekerjaan dengan menampilkan berbagai macam diagram yang berbentuk graphic, baik dengan tipe 2D ataupun 3D. Sedikitnya terdapat 80 template yang bisa digunakan untuk memperindah pekerjaan Anda.

Format File

Sudah diketahui keluarga Microsoft menyediakan berbagai format file. namun pada versi sebelumnya belum terlihat format file PDF yang dibuat oleh Microsoft Office. Bisa namun harus menggunakan tambahan aplikasi dari keluarga Adobe Acrobat.
Pada Microsoft Office 2007, Microsoft sudah menyertakan fitur baru untuk menyimpan file dalam berbagai format termasuk format PDF dan XPS. Untuk bisa menggunakan cukup pilih ikon lingkaran kemudian pilih Save As PDF or XPS. Jadi tidak perlu lagi menambahkan aplikasi lain untuk menyimpan file dalam format PDF tersebut.
Format file lainnya juga mengalami perubahan, sebagai contoh file berformat Word yang tadinya berakhiran *.DOC, Microsoft Excel berakhiran *.XLS, PowerPoint berakhiran *.PPT kini berganti dengan DOCX untuk Word, XLSX untuk Excel dan PPTX untuk PowerPoint.

Microsoft Access 2007 hampir berubah secara total, dimana berbagai penambahan baik interface maupun fitur dan fungsi pendukung lainnya. Ketika Anda mulai membuka aplikasi Access, pertama yang akan terlihat adalah interface yang sama sekali baru, berbeda dengan versi Office sebelumnya.

Pada Windows pertama Anda akan berhadapan dengan pilihan berbagai kategori template yang sudah tersedia, baik itu kategori template yang sudah terinstal di dalam komputer Anda maupun kategori template yang harus didownload terlebih dahulu. Jika Anda ingin membuat database sendiri pilih kategori template "Featuring" yang didalamnya terdapat satu buah pilihan, yaitu Blank Database. Setelah itu Anda tinggal meneruskan untuk membuat database Access untuk data-data Anda. Selain itu Microsoft Access 2007 juga mempunyai kemampuan untuk proses import dan export data.

Selain aplikasi standart tersebut pada Microsoft Office 2007 ini juga dibundel Microsoft Publisher 2007 yang digunakan untuk keperluan desain majalah, buku dan lain-lain. Hadir juga InfoPath 2007, OneNote 2007, Groove 2007 dan Coomunicator 2007. Aplikasi-aplikasi yang disebutkan terakhir ini merupakan tambahan yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan perkantoran modern saat ini.


C. KELEBIHAN MICROSOFT WORD 2003

 a. Berjalan lebih cepat.
b. Installer tidak besar.
c. Lebih optimal untuk mereka yang hanya menggunakan office secara umum.
d. Microsoft Word 2003 lebih familiar dan mudah penggunaannya. Karena kita sudah terbiasa menggunakannya.
e. Menyediakan berbagai gaya tulisan yang akan memperindah tampilan naskah.
f. Pengaturan naskah relatif mudah.
g. Dapat menyisipkan gambar ke dalam naskah.
h. Defaultnya berformat .doc dimana pada format ini file dapat dibuka pada Microsoft Word 2007 maupun 2010.
i. Tampilannya lebih bersahabat dan dapat diatur sesuai selera tempat peletakkannya.
j. Menyimpan file untuk web sedikit lebih simple dibanding Microsoft 2007.
k. Tab kontekstual dan style gallery tidak mengganggu.




1 komentar: